Friday 27 September 2013

Pendaftaran CPNS Kejaksaan RI Tahun Anggaran 2013

Sudah dua hari terlewati sejak Verifikasi Berkas pendaftaran berlalu yakni  pada Tanggal 26 September 2013. Sungguh luar biasa, para pendaftar CPNS tahun ini entah apa yang membuat mereka saling berjibaku untuk dapat diterima sebagai calon PNS. Tak terkecuali penulis sendiri, saya juga mengikuti tes CPNS ini dengan tujuan ingin mengetahui dan merasakan sendiri pengalaman mendaftar sebagai calon aparatur pemerintah. Karena pengalaman mendaftar kerja di swasta telah sering saya jalani, dan Alhamdulillah kebanyakan diterima di kantor / perusahaan yang saya ikuti tersebut.

Sungguh pengalaman berbeda saat mendaftar sebagai CPNS di Kejaksaan RI, yang kebetulan tempat pendaftarannya berada di KEJATI Surabaya. Pada saat Hari pertama Verifikasi berkas yakni pada Tanggal 23 September 2013, kebetulan hari itu saya ada presentasi dengan beberapa klien hingga siang hari, sekitar pukul 14:00, setelah sholat Dzuhur saya tiba di KEJATI, dan alangkah kagetnya saat itu sudah lebih dari ribuan yang antri mendaftar, hingga salah satu panitia bernama Pak Mustar, mengumumkan bahwa hari ini verifikasi calon pendaftar telah melampaui 550 orang, sehingga panitia dan pegawai lainnya menginformasikan kepada para pendaftar untuk datang hari esoknya, karena sudah penuh. Karena saya tak hanya ingin pemberitahuan oleh satpan atau sejenisnya, saya berusaha merangsek ke depan untuk langsung bertemu dengan panitia untuk menanyakan beberapa hal.

Beruntung saat itu ada pendaftar yang telah menjalani verifikasi, keluar untuk makan siang, akhirnya saya cegat tuh mbak. "Mbak, maaf mbak. Sudah verifikasi ya mbak ?" ucapku, "oh iya mas, tapi masih istirahat" ujarnya, segala pertanyaan akhirnya saya utarakan pada mbak yang belum sempat saya tahu namanya itu.