Sunday 22 December 2013

Pengalaman Seru Mengikuti CPNS 2013 Bag 2

Alhamdulillah, horeee..... Aku lolos Tes Tahap I CPNS KEJATI 2013.... :D
Setelah melewati ujian Tahap I di Pengalaman Seru Mengikuti CPNS 2013 yang jumlah pesertanya ribuan sehingga perbandingan kompetisi memperebutkan kursi pada Tes Tahap II sekitar 1:30 lebih, sungguh suatu persaingan yang sangat ketat.

Tanggal 14 Desember 2013 pagi-pagi aq udah selesai registrasi untuk Tes Tahap II, aq langsung balik ke kos untuk menyiapkan segala keperluan untuk ujian TKB. Tgl 15 Desember 2013, langsung aq cek segala perlengkapan perang untuk Tes TKB besok paginya.

Krang... kriiiing... 3 alarm androidq berteriak bersamaan, waktu menunjukkan pukul 04.00, aq langsung bergegas mandi, sholat, dan tanya-tanya mbah gugel. Blaaas, ujian hari ini aq ga ada persiapan materi ujian yg bakal di ujikan pada Tes TKB, tp untung mbah gugel memberi penjelasan bahwa Tes Kompetensi Bidang Untuk Calon Pranata Komputer adalah ujian mengenai komputer dan analysis permasalahan dalam sehari-hari, bisa juga praktik langsung di depan komputer.


Hmm... wuih, mantap dah klo cuma ujian komputer, apalagi praktek... Aq siap...aq siap...
Jam 05.30 aq berangkat menuju kejati... 
Sesampainya di KEJATI, sudah lumayan banyak yang datang, bergerombol membentuk "ular-ularan" persis di depan Klinik Kejati. Aq berusaha mencari panitia, karena di pengumuman web belum jelas jam berapa ujian dimulai, tempatnya dimana, saat itu aq belum tahu sama sekali. Kebetulan saat itu aku melihat P. Udin salah satu panitia yang sedang mondar-mandir membawa perlengkapan PC, sebelum aq sempat bertanya pada beliau, ternyata ada seseorang yang bertanya bahwa mereka belum daftar ulang, jadi mereka disuruh menunggu hingga acara apel selesai. Alhasil aq urungkan niat untuk bertanya, berharap setelah apel aq mendapatkan informasi yang aq butuhkan.

Jam sudah menunjuk 07.00 lewat, saat itu aq masih duduk manis di samping klinik, kemudian ada beberapa yang mendekat duduk persis disampingku. Aq memulai percakapan....
"Mas, dari SMA ya ???", tanyaku. "Oh, iya mas, bukannya mas juga SMA ???", tanyanya padaku. "Oh, aq dari D3 mas", jawabku agak heran karena dia menganggap aq dari SMA. "Loh mas, bukannya S1 dan D3 jamnya ujian ???", ujarnya dengan raut yg lebih mengherankan melihat diriku. "Oh ya mas ?? dimana pean melihat pengumuman itu ??? aq gak tau ....", jawabku agak sedikit bingung. "Loh dikertas putih kemaren saat registrasi Tes tahap II mas", ucapnya tambah heran."Sek, sek mas mana kertas putihnya ?? tlong pinjam sebentar mas", tanyaku mencoba sedikit tenang. "ini mas kertasnya", ucapnya Sambil mengeluarkan selembar kertas. "Woaaa, jam 07.00 ujiannya ???",ucapku sambil mengetik tempat tujuan yakni gedung Bulog.

Setelah percakapan panjang, aq sangat berterima kasih pada orang itu, dan segera tancap gas secepat mungkin, saat itu jam 07.30 lewat sedangkan ujian akan dimulai pukul 07.00. Dalam hati aq selalu berharap klo ini masih rejekiku, aq pasti masih sempat untuk mengerjakan ujian meskipun terlambat 30 menit lebih.

Sesampainya ditempat, aq kaget karena masih banyak peserta yang berada di luar gedung. Aq mulai tambah tenang, sambil berjalan dg santai aq mencari informasi pada beberapa peserta yg aq ajak ngobrol. Setelah cukup chit-chat nya aq mulai menuju ruang panitia, kebetulan ada P. Mustar (di post sebelumnya saya memanggilnya P. Mochtar, red :D), saya langsung mengutarakan maksud dan tujuan, bla...bla...bla..bla, "Ujian D3 jam 14.00 mas, tp dtang 15 sblmnya", ucap beliau dengan penjelasan singkat dan jelas. "Oh beres pak saya akan datang 4 jam lebih awal", jawab saya kegirangan karena ujian D3 bukan dilaksanakan jam 07.00 pagi ini hehehe.

/*------------------------------------------------- Tes Dimulai -----------------------

Waktunya Tes Tahap Terakhir yakni TKB bidang komputer...
Semenjak soal boleh dikerjakan, wuah senengnya minta ampun....
Soal2x kayak soal SMA, dan Kuliah... tntang komputer, logika biner, jaringan, bahkan pemrograman javascript dlm bentuk analisis Coding...

/* ---------------- Waktu berlalu -----------------------*/

Wuah senengx... minta ampun..... ini aq yakin banyak benernya dari total 90 soal....
Yah saya mengira paling buruk, mungkin saya dpet nilai 95 lah...
EH TERNYATA...... pengumumannya hari itu juga.... woooow pikir saya..

/*-------------------------Jam menunjuk pukul 17:00-------------------*/

Saya langsung merangsek kedepan ruangan persis di depan LCD proyektor....

"PENGUMUMAN UNTUK NILAI TKB KOMPUTER REGIONAL SURABAYA : meliputi JATIM, KALSEL, KALTENG,KALTIM, BALI, NTT, DAN NTB...."

"HOREEEE...." saya berteriak karena saya di nomer urut 1....
TAPI.... lho kok nilai saya 50 ??? dibawah saya ada nilai 58 ??????????
saya cek lagi, eh ada nilai 52 !!!!!!!!!!!!!!!!!! wah dan yg lain 40an 30an.....
bisa dikata pertingkat 3 mungkin dari Reg SBY untuk formasi Pranata Komputer...

Wajah langsung tertunduk lemes, sangat memalukan dan mengecewakan.... nilai saya hanya 50 ????
TAPI, beberapa menit setelah saya memperhatikan nilai bidang akuntansi... yang rata-rata 5-6an nilainya....

Saya memberanikan diri bertanya pada salah satu utusan dari pusat yg mengumumkan tsb...
"Mohon maaf pak saya boleh bertanya ???"
"Silahkan mas? " ---> semua peserta langsung menatapku...
"Kalau boleh tau toleransi nilai error dari scanner LJK bapak berapa persen ???"
"Wah secara prosedur ini sudah di akui, ini bisa dipertanggung jawabkan kredibilitas panita...."
"Oalah.... terima kasih pak..."(dalam hati saya itu bertanya berapa persen??? malah...)

Dalam hati mencaci diri sendiri, "Dasar Bodoh, ga tau ngarsir, sembarangan... Bodoooh dpet nilai si merah delima... berarti dirimu ga tau ngarsir LJK... " Lha wong aq tanya ga ada yg dapet nilai 7 kok... rata-rata 5-6 nilainya.. apalagi nilai yang bebek-bebek...

Alhamdulillah sudahlah, ini bukan akhir dari dunia, yg penting penilaiannya adalah total keseluruhan tes kata panitinya, apalagi masih ada tes Wawancara besok, jadi harus lebih baik lagi... :D



Hahaha Assembly.....


Tobe Continued....

1 comment:

Anonymous said...

soal tentang komputer, logika biner, jaringan, bahkan pemrograman javascript dlm bentuk analisis Coding itu bentuk soalnya pilihan ganda?