Wednesday, 18 December 2013

Pengalaman Seru mengikuti CPNS 2013

"Kring... kring....", terdengar suara hp XLq berdering, waktu itu kira-kira sore menjelang malam. "Nak ??? ada dimana ?", suara ibuku terdengar jelas. "aq dikos buk... ada apa ???", sahutku seperti biasa. "Oh enggak, katanya lek Naniknya ada pendaftaran CPNS di kejaksaan kamu tau ???", tanya ibuku padaku. "Wah, aq ga ngerti ?? kenapa ???", tanyaku heran. "Kamu daftar aja, kamu kan jurusan komputer ??? katanya leknya, CPNS kejaksaan butuh Pranata Komputer...", sahut ibuku. "emm, iya aq Teknik Elektro Computer Control buk ??? ngapain aq daftar CPNS ??? ntar malah pake bayar2 segala ????", jawabku agak sedikit kesal karena selalu mendengar berita mengenai CPNS yang selalu ditengarai banyaknya suap-menyuap untuk mendapatkan posisi di PNS. "Ya, coba aja mungkin ada peluang ??? siapa tau keterima ???", sahut ibuku mencoba menjelaskan. "Lha kan aq jg masih kuliah S1 blm lulus juga ??? ntar gimana klo bentrok tesnya ??? trus mana yg harus aq prioritas ?? lagipula CPNS itu banyak titip2nya, sogok atas  sogok bawah, sikut kiri - sikut kanan....Trus klo seperti kita uang dari mana klo seperti itu ??? ", tanyaku pada ibu.....


Setelah berdiskusi ...ba..bi..bu... panjang akhirnya aq mencoba mengambil peluang.
"Oke... oke, aq coba wes ikut, ntar aq ngurus semua persyaratannya", jawabku yang sudah mulai lelah berdiskusi dan berdebat agak panjang.

ini cuplikan video di facebook saat saya mengurus SKCK, salah satu persyaratan CPNS : Saat-saat mengurusi SKCK..
Dan cerita saat pendaftaran dan verifikasi CPNS 2013 : Pendaftaran CPNS 2013
Dua link diatas semoga mengcover setidaknya cerita saat persiapan dan pendaftaran, soalnya akan mungkin menjadi sebuah cerita panjang saat saya mulai mengingat kembali masa itu, dan bisa jadi anda teman-teman pembaca akan bosan membacanya.... hahahaaha... :D

/*--------------------------------------- Saat Tes TKD (Tes Kompetensi Dasar) ----------------------------*/

Hari itu tanggal 3 Nov 2013 jam 05.30 saya sudah berangkat. Berbekal persiapan tadi malam, saya berangkat ke medan perang. (bekal tadi malam sih cuma tanya mbah gugel dan alat tulis doang)...
Woaaaa, buanyak banget yang sudah datang ??? waduh parkir mana nih ???.....
Setelah tolah-toleh kiri-kanan dan bertanya, akhirnya saya parkir di masjid. "Mas, jangan di kunci dobel motornya", sahut tukang parkir. "ya pak", sahutku dalam hati berkata "waduh motor baru juga, ga dikunci gimna nih ??? yah sudahlah klo udah rejeki ga akan kemana-mana tuh motor...".
Baru masuk pintu gerbang, aq udah dicegat. "Mas, mana KTPUnya ??", tanya salah seorang petugas. "Oh ada pak...", sahutku sambil mengeluarkan kartu peserta itu dari ransel. "Kok lusuh-lusuh gini mas, besok di laminating ya ??", kata petugas tsb. "Baik pak", jawabku sambil segera masuk ke dalam. Tak berselang lama saya mendengar percakapan antara panitia dan peserta yang menanyakan tempat duduknya. Saya langsung tersadar dan bergegas kembali ke depan gerbang tempat pengumuman dan no.urut tempat duduk di umumkan. Masih dalam keadaan ramai dan berdesak-desakan, saya merangsek secepat mungkin kedepan, mencari, dan memotret nomor urut dan nomor KTPUku yang ternyata berbeda dengan KTPU yang saya pegang. Masih dalam keadaan bingung saya langsung masuk ke dalam dan mencari panitia terkait karena nomer KTPU saya berbeda dengan yang diumumkan di papan.
"Permisi, Maaf pak, saya mau tanya ???", tanyaku pada seorang petugas yang bernama Pak Udin. "Iya ada apa ??", jawab beliau. "Pak saya mau tanya kok KTPU saya beda ya pak sama yg di papan ???", tanya saya kebingungan. "Kamu ga liat pengumuman di web ???", tanya panitia. "Maaf pak, saya ga liat pak, jadi gimana ini pak ???", tanya saya. "Ya sudah, taruh sini dan tunggu", jawab beliau.

Lama menunggu, saya sambil mencari tempat duduk ujian nanti. Waktu telah menunjuk 06.45 dan saya belum mendapat KTPU baru, saya langsung bertanya kembali pada Pak Udin. "Mohon maaf pak, KTPU saya bagaimana ???", tanya saya. "Waduh form untuk D3 habis mas, coba cari ibu x", jawab beliau. Saya lupa nama ibu itu tapi saya tahu wajahnya yang kalem dan baik hati. Saya cari tuh ibu X, alhasil ketemu dan saya utarakan maksud saya.

Kurang dari 5 menit KTPU saya selesai. Saya baru duduk manis pukul 06.55 sebelum waktu ujian dimulai. Lama berselang, waktu ujian telah lewat sedangkan bangku disamping saya masih kosong, sekitar setengah jam kemudian eh datang si empunya bangku yang ternyata bernama Hendy dari Gresik. Kulihat dirinya kebingungan saat melihat KTPU di bangku dan KTPU yang dia pegang tak sama, melihat dirinya yang sepertinya tak berniat bertanya, saya mencoba memberitahu bahwa dia harus mengurusinya di depan untuk KTPU yg baru. Bagusnya, dia malah disuruh duduk kembali dan mengurus KTPU yg baru setelah ujian selesai.


Waktu terus berjalan, dan persiapan ujian dimulai. Dalam ujian pun ada aja peserta yang curang yakni dengan mengisi terlebih dahulu LJK mereka sebelum panitia menyuruh mereka mulai mengisi, alhasil LJK mereka dirampas oleh panitia. Saya hanya geleng-geleng kepala melihat mereka yang mencuri waktu dari yang lain, sungguh miris sekali.

Persiapan ujian selesai, dan ujian pun dimulai, saya langsung mengisi LJK secepat kilat tanpa babibu, lalu saya buka soal dengan berharap semoga bisa saya kerjakan semua. Wuaaah, alhamdulillah lancar jaya saat masuk dalam sesi soal Logika matematika, tes verbal, karakteristik pribadi dan intelegensi umum, namun saat ada beberapa soal bertanya beberapa nama lagu daerah, aq langsung tak berkutik untuk mengisi, akhirnya saya loncat. Total ada sekitar 3 soal aq kosong tak berisi.

/*---------------------------------------------- Times Up ---------------------------------------------------*/

Waktu habis, beruntung aq telah menyelesaikan seluruh soal dan hanya menyisakan 3 soal tak terjawab gara-gara saya ga bisa jawab. Dan beruntungnya lagi bukan hanya saya ternyata yang gak bisa jawab, tapi banyak juga yang gak bisa jawab.

Ujian TKD selesai, dan saya berhasil berkenalan dengan 2 orang baru yaitu Hendy dari gresik dan cwek yg sudah lupa namax tp masih saya ingat wajahnya.. hehe



To be continued...................


No comments: