Tuesday 23 September 2014

SABAR ITU ILMU TINGKAT TINGGI

 Sumber Gambar : http://lucugambar.com/wp-content/uploads/2014/04/gambar-kartun-muslim-pria-berdoa-sedih-392x555.jpg

Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan selalu berhadapan dengan salah satu RASA ini. Rasa yang bila tidak kita kontrol, maka akan menjadi sebuah reaksi berantai munculnya rasa & sikap yang negatif mulai dari perasaan jengkel hingga menumbuhkan benih-benih permusuhan antar sesama, menumbuhkan emosi yang berlebihan yang akan menjadi efek negatif bagi diri sendiri dan orang lain.

Apalagi tinggal di Jakarta, yang mungkin teman-teman pembaca sudah tahu rasanya di Jakarta bagaimana. Mulai dari kemacetan dimana-mana, sifat & sikap orang-orangnya di jalan, dan banyak hal yang mungkin bisa memancing emosi dan amarah kita.

Seperti halnya perjalanan mengarungi Lautan, kita telah berada di tengah-tengah lautan yang luas. Dermaga sudah jauh tertutup kabut, dan tujuan belum terlihat sepanjang mata melihat. Kita tak tahu badai apa yang akan menerjang kita di depan, ujian & cobaan apa yang akan menimpa kita, yang bisa membuat kita khawatir, kebingugan dan RAGU dan pada Akhirnya terbayang pertanyaan, Apakah jalan yang kita lalui sudah Benar ?

Monday 22 September 2014

Berat Dan Ringan itu Relatif Dalam Bekerja


Sumber Gambar : http://www.salamdakwah.com/uploads/dirimg_artikel/mib_201403241009097614_Timbasngan.jpg

Sudah hampir 4 bulan saya bekerja di Kejaksaan Agung RI di Jakarta, sudah sepersekian macam orang yang sudah saya temui selama di Jakarta. Mulai dari teman kos, tetangga kos, orang luar kantor, dan orang di dalam kantor. Mulai dari laki-laki, wanita, bapak-bapak, ibu-ibu, tua - muda beberapa sudah saya ajak mengobrol. Melihat beliau - beliau bercerita dan mengobrol membuat saya semakin tersadar, bahwa indahnya keberagaman sifat & sikap seseorang andai kita bisa mengerti mereka satu per satu.

Berat rasanya saat pertama kali ingin mengajak orang yang tak pernah kita kenal, untuk mengobrol bersama kita. Tapi perlahan rasa itu berubah menjadi ringan saat kita mulai sering bertemu dengan banyak orang. Saat di Kampus ITS Surabaya dulu saat pengkaderan saya sudah diajarkan bagaimana seorang mahasiswa harus bersikap dengan seniornya, dengan dosen dan orang lain. Bagaimana menjalani peran dan fungsi mahasiswa, dan berhubung saya sudah bekerja juga, apalagi di Instansi Kejaksaan Agung RI maka saya merubah sedikit paradigma hidup saya sebagai :

1. Agent Of Change
    Seorang Adhiyaksa dituntut untuk menjadikan dirinya sebagai garda terdepan dalam perubahan lingkungan sekitarnya apabila telah terjadi pergeseran nilai-nilai masyarakat. Sebagai insan Adhiyaksa yang setia dan sempurna melaksanakan tugas & kewajibannya akan selalu berpikir secara ilmiah dalam mencari kebenaran untuk suatu perubahan besar bagi dirinya dan orang banyak.